Sabtu, 02 Maret 2013

File Sharing antara linux dan Ms. Windows dengan menggunakan Samba

Isi jawaban dari File Sharing antara linux dan Ms. Windows dengan menggunakan Samba

‎1. Sebuah file server merupakan jantungnya kebayakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yangmemiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.

2. Merupakan penyediaan dan Penerimaan File Digital melalui sebuah jaringan, mengunakan model terpusat atau model peer-to-peer (P2P), file disimpan dan di layani oleh personal computers user.

3. Menghubungkan antara mesin Linux (UNIX) dengan mesin Windows. Sebagai perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh samba software, mulai dari menjembatani sharing file, sharing device, PDC, firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server,proxy dan lain-lain. Fasilitas pengremote seperti telnet dan ssh juga tersedia. Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya aplikasi pengaturan yang tidak lagi hanya berbasis teks, tetapi juga berbasis grafis yaitu swat. Menempatkan masin Linux/UNIX sebagai PDC (Primary Domain Controller) seperti yang dilakukan oleh NT dalam jaringan Wondows.

4. Untuk share folder/file dengan menggunakan samba Caranya ada dua
a. Lewat Terminal
Cara dari terminal adalah kita harus masuk ke direktori /etc/samba setelah itu masuk ke file smb.conf dengan cara mengetikan gedit smb.conf setelah itu tambah konfigurasinya di bawah nya.
Contoh nya :

[Picture]
path = /root/Picture/
comment = untukmu
available = yes
browsable = yes
public = yes
writable = no
guest ok = yes
guest only = yes
guest account = nobody

Setelah itu restart sambanya dengan mengketikan /etc/init.d/samba restart. Maka file akan tersharing.

b. Lewat Tampilan (GUI).
klik System lalu cari Administration lalu cari share atau shared folders.
Setelah itu klik add dan akan muncul jendela shared with, pilih yang windows network (SMB). Unutk selanjutnya restart sambanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar