Sabtu, 02 Maret 2013

DHCP Server dengan menggunakan Ms. Windows Server 2003


Isi jawaban DHCP Server dengan menggunakan Ms. Windows Server 2003

1.  1.     JelaskanapaituDHCP ?
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk dapat memberikan IP address secara otomatis ke komputer yang terhubung aktif ke jaringan TCP/IP.

2.  2.    Apa yang disebut DHCP Relay ?
DHCP Relay adalah proxy yang mampu menerima dan mengirim ulang permintaan DHCP ke DHCP server yang sebenarnya.

3.  3.    Jelaskan cara kerja secara lengkap Protocol DHCP mulai dari bagaimana client request sampai mendapatkan IP address ?
Cara Kerja DHCP
a.       Ketika DHCP client masuk/bergabungkedalamsuatujaringan, client tesebutakanmelakukan broadcast denganmengirimkanpesan DHCPDISCOVER kesuatu network.
b.      Seluruh DHCP server akanmerespon DHCPDISCOVER yang dikirimkan DHCP client tersebutdengan DHCPOFFER.
c.       Ketika client mendapatkan DHCPOFFER, client memilikiduapilihankeputusanyaitu, mengirimkan DHCPREQUEST untukmenerimakonfigurasidari DHCP server
d.      Ketika DHCP server menerima DHCPREQUEST, DHCP server dapatmengirimkan DHCPACK denganmembawa parameter-parameter konfigurasiuntuk client danmemasukkaninformasiitukedalamdhcp.lease database jika DHCP Server menyetujui DHCPREQUEST dari Client atau DHCP Server mengirimkan DHCPNACK ataudengantidakmeresponpesan DHCPREQUEST jika DHCP Server tidakmenyetujuinya
e.       Jika DHCP client telahselesaiataumeninggalkanjaringantersebutmaka DHCP client mengirimkanpesan DHCPRELEASE sebagaitandabahwa client telahkeluaratautidakmenggunakan network address tersebut. Namuntidaksemuasistemoperasi yang melakukanini

Contoh Cara kerjasistem DHCP
1.   1.   pada suatu LAN, cukup ada SATU DHCP server. DHCP server ini diset untuk membagikan alamat IP dengan rentang tertentu, misal 192.168.0.100 - 192.168.0.199.
2.   2.   Ada banyak komputer client. Setiap komputer diset agar TCP/IP nya memakai mode AUTO.
3.  3.    Saat komputer client dihidupkan, diaakan menyebarkan permintaan alamat IP.
4.   4.   Si DHCP server akan menangkap permintaan ini, lalu memberikan nomor IP unikdalam rentang yang telahditentukan. Bersamaan dengan itu, juga dapat diberikan informasi lain sepertinetmask, alamat dns server, maupun gateway.
5.  5.    Si client bisa men -set TCP/IP -nya sesuai informasi yang diberikan dan mulai bekerja.
6.  6.    Alamat IP ini hanya pinjaman. Setelah selang waktu yang ditentukan, DHCP server akan menagihnya kembali agar dapat dipinjamkan ke client lain. Jad isi client harus memperbaharui pinjamannya (leasing) secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar