Jumat, 01 Maret 2013

DNS Server dengan menggunakan Ms. Windows Server 2003


Isi jawaban DNS Server dengan menggunakan Ms. Windows Server 2003

1. JelaskanapaituDNS ?
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubungke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.
Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
·       Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (namaKomputer).
·       Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
·       Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.
DNS dapatdisamakanfungsinyadenganbukutelepon.Dimanasetiapkomputer di jaringan Internet memiliki host name (namakomputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secaraumum, setiap client yang akanmengkoneksikankomputer yang satukekomputer yang lain, akanmenggunakan host name. Lalukomputerandaakanmenghubungi DNS server untukmencek host name yang andamintatersebutberapa IP address-nya. IP address ini yang digunakanuntukmengkoneksikankomputerandadengankomputerlainnya.

2. Mengapa Ada DNS ?
Karena Sebelum di pergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap lokasi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini kesetiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik.

3. Bagaiamana mekanisme cara kerja dari DNS untuk menemukan suatu nama website
( contoh : google.com )
a)    Saat kita mengetikkan sebuah nama domain misalnya http://www.google.com pada web browser,  maka aplikasi http (resolver) akan mengirimkan query ke Name Server DNS Server local atau DNS Server Internet Service Provider.
b)   Awalnya name server akan menghubungi server root. Server root tidak mengetahui IP Address domain tersebut, ia hanya akan memberikan IP Address server edu.
c)    Selanjutnya name server akan bertanya lagi pada server edu berapa IP Address domain http://www.google.com.  Server *.com tidak mengetahui IP Address domain tersebut, ia hanya akan memberikan IP Address server google.com.
d)   Selanjutnya name server akan bertanya ke server google.com tentang  IP Address http://www.google.com. Dan server google hanya mengetahui dan memberikan jawaban berupa  IP Address server cs.google.com
e)    Selanjutnya name server akan bertanya ke server cs.google.com tentang  IP Address neon.cs.virginia.edu. Dan barulah cs.virginia.edu mengetahui dan menjawab berapa IP Address domain http://www.google.com
f)    Terakhir barulah computer client bisa secara langsung menghubungi domain http://www.google.com dengan menggunakan IP Address yang diberikan oleh server http://www.google.com
IP Address milik http://www.google.com kemudian akan disimpan sementara oleh DNS server Anda untuk keperluan nanti. Proses ini disebut caching, yang berguna untuk mempercepat pencarian nama domain yang telah dikenalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar